Ependymoma Anak (Kanker Otak)

Ependymoma masa kanak-kanak adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan otak dan sumsum tulang belakang. Ada berbagai jenis ependymoma. Bagian otak yang terpengaruh tergantung pada tempat terbentuknya ependymoma. Penyebab sebagian besar tumor otak masa kanak-kanak tidak diketahui.

Tanda dan gejala ependymoma masa kanak-kanak tidak sama pada setiap anak. Tes yang memeriksa otak dan sumsum tulang belakang digunakan untuk mendeteksi (menemukan) ependymoma masa kanak-kanak. Ependymoma masa kanak-kanak didiagnosis dan dihapus dalam operasi. Faktor-faktor tertentu mempengaruhi prognosis (kemungkinan pemulihan) dan pilihan pengobatan.

Ependymoma masa kanak-kanak adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

Otak mengontrol fungsi-fungsi vital seperti memori dan belajar, emosi, dan indera (pendengaran, penglihatan, penciuman, perasa, dan sentuhan). Sumsum tulang belakang terdiri dari kumpulan serabut saraf yang menghubungkan otak dengan saraf di sebagian besar tubuh. Ependymoma terbentuk dari sel ependymal yang melapisi ventrikel dan saluran di otak dan sumsum tulang belakang. Sel-sel ependymal membuat cairan serebrospinal (CSF).

Ringkasan ini adalah tentang perawatan tumor otak primer (tumor yang dimulai di otak). Perawatan tumor otak metastatik, yang merupakan tumor yang dimulai di bagian lain dari tubuh dan menyebar ke otak, tidak dibahas dalam ringkasan ini.

Ada banyak jenis tumor otak. Tumor otak dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Namun, pengobatan untuk anak-anak berbeda dari pengobatan untuk orang dewasa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengelompokkan tumor ependymal ke dalam lima subtipe utama:

    Subependymoma (WHO Grade I).
    Myxopapillary ependymoma (WHO Grade I).
    Ependymoma (WHO Grade II).
    Ependymoma fusi-positif RELA (WHO Grade II atau Grade III dengan perubahan gen RELA).
    Anaplastik ependymoma (WHO Grade III).

Tingkat tumor menggambarkan bagaimana abnormal sel-sel kanker terlihat di bawah mikroskop dan seberapa cepat tumor akan tumbuh dan menyebar. Sel-sel kanker tingkat rendah (Grade I) lebih mirip sel-sel normal daripada sel-sel kanker tingkat tinggi (Kelas II dan III). Mereka juga cenderung tumbuh dan menyebar lebih lambat daripada sel-sel kanker Tingkat II dan III.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar